Kamis, 21 Desember 2017

2000+ Kata Ku Agar Bisa Mencintai Rupiah



Halo pengujung lalalinds, perkenalkan nama saya Aldi Dwi Ferdian , saya adalah admin dari blog ini, Pada artikel ini saya akan menuliskan sebuah artikel tentang 2000+ Kata Ku Agar Bisa Mencintai Rupiah , alasan saya membuat artikel ini karena saya ingin memberikan informasi penting kepada kalian para pengujung lalalinds khususnya kalian yang tinggal di Indonesia.
2000+ Kata Ku Agar Bisa Mencintai Rupiah

Perkembangan teknologi memang setiap hari selalu berubah dan selalu meningkat , mulai dari sisi Website yang ada di Internet, Kecepatan Internet, Alat-Alat Elektronik dan berbagai hal yang berhubungan dengan teknologi. Beberapa bulan yang lalu Bank Indonesia mengeluarkan alat tukar berupa mata uang emisi baru keluaran tahun 2016, hal ini membuat viral bahkan heboh orang-orang di seluruh Indonesia, mulai dari isu uang yang mirip dengan uang mainan, uang yang tidak layak dijadikan alat tukar atau alat pembayaran, dan lain semacamnya.
Bank Indonesia terus berupaya melakukan sosialiasi terhadap uang yang baru di keluarkan tersebut agar seluruh rakyat Indonesia bisa menggunakan uang tersebut untuk alat tukar atau alat pembayaran yang sah yang dapat di gunakan di Indonesia.
2000+ Kata Ku Agar Bisa Mencintai Rupiah
Berbicara tentang alat tukar saya akan memaparkan sedikit tentang sejarah Alat Tukar di Indonesia , Menurut informasi yang saya dapatkan di Wikipedia Nama rupiah sering dikaitkan dengan rupee mata uang India, yang berasal dari bahasa sansekerta rupya yang berarti koin perak. Namun sebagian berpendapat bahwa nama rupiah berasal langsung dari bahasa Sansekerta dan bukan turunan dari mata uang India tersebut. Kata rupiah sendiri merupakan pelafalan asli Indonesia karena adanya penambahan huruf ’h’ di akhir kata rupya, sangat khas sebagai pelafalan orang-orang Jawa.
Sebelum menggunakan mata uang rupiah, Indonesia pada awal-awal kemerdekaan dulu menggunakan mata uang yang bernama ORI (Oeang Republik Indonesia), ORI beredar di Indonesia pada saat itu selama 4 tahun mulai dari 1945 - 1949, cetakan pertama pada 17 Oktober 1945, cetakan kedua pada 1 Januari 1947, cetakan ke tiga pada 26 Juli 1947, setelah 4 tahun merdeka Indonesia resmi mengeluarkan mata uang rupiah. Rupiah merupakan mata uang yang boleh ditukar dengan bebas tetapi diperdagangkan dengan penalti disebabkan kadar inflasi yang tinggi.
http://www.bi.go.id/id/tentang-bi/museum/koleksi/uang/Default.aspx
Kita sudah tahu bahwa beberapa bulan yang lalu Bank Indonesia mengeluarkan sebuah mata uang baru atau lebih tepatnya mengupdate tampilan mata uang Indonesia yaitu Rupiah, mulai dari pecahan 100 perak, 200 perak, 500 perak, 1000 Rupiah, 2000 Rupiah, 5000 Rupiah, 10000 Rupiah, 20000 Rupiah , 50000 Rupiah dan 100000 Rupiah. Banyak perbedaan yang bisa kita dapatkan pada Rupiah yang baru mulai dari perbedaan desainnya, serta gambar pahlawannya atau objek dalam uang Rupiah kita juga ada sedikit perubahan atau bahkan pergantian objek tersebut, maka dari itu mari kita ulas satu persatu , karena Naif Jika Kita Cinta Rupiah Jika Kita Tidak Tahu Apa Saja Yang Terkandung Dalam Rupiah.
1. Uang Lama vs Uang Baru
 
PECAHAN 100 RIBU RUPIAH
PECAHAN 100 RIBU RUPIAH
Perbedaan 100 Ribu Lama VS 100 Ribu Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama DR. IR. SOEKARNO
DR. H. MOHAMMAD HATTA
DR. IR. SOEKARNO
DR. H. MOHAMMAD HATTA
Gambar Belakang Tari Topeng Betawi, Pemandangan Raja Ampat dan Bunga Anggrek Gedung MPR dan DPR RI
Bahan Serat Kapas Serat Kapas
Ukuran 151 mm x 65 mm 151 mm x 65 mm
Warna Dominan Merah Merah

PECAHAN 50 RIBU RUPIAH

PECAHAN 50 RIBU RUPIAH

Perbedaan 50 Ribu Lama VS 50 Ribu Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama DJUANDA KARTAWIDJAJA I GUSTI NGURAH RAI
Gambar Belakang Tari Legong, Pemandangan Alam Taman Nasional Komodo, dan Bunga Jepun Bali DANAU BERATAN, BEDUGUL
Bahan Serat Kapas Serat Kapas
Ukuran 149 mm x 65 mm 149 mm x 65 mm
Warna Dominan Biru Biru

PECAHAN 20 RIBU RUPIAH

PECAHAN 20 RIBU RUPIAH

Perbedaan 20 Ribu Lama VS 20 Ribu Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama Dr. G.S.S.J. RATULANGI OTO ISKANDAR DI NATA
Gambar Belakang Tari Gong, Pemandangan Alam Derawan, dan Bungan Anggrek Hitam Pemetik Teh
Bahan Serat Kapas Serat Kapas
Ukuran 147 mm x 65 mm 147 mm x 65 mm
Warna Dominan Hijau Hijau

PECAHAN 10 RIBU RUPIAH

PECAHAN 10 RIBU RUPIAH

Perbedaan 10 Ribu Lama VS 10 Ribu Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama FRANS KAISIEPO SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II
Gambar Belakang Tari Pakarena, Pemandangan Alam Taman Nasional Wakatobi, dan Bunga Cempaka Hutan Kasar Rumah Limas, Palembang
Bahan Serat Kapas Serat Kapas
Ukuran 145 mm x 65 mm 145 mm x 65 mm
Warna Dominan Ungu Ungu

PECAHAN 5 RIBU RUPIAH

PECAHAN 5 RIBU RUPIAH

Perbedaan 5 Ribu Lama VS 5 Ribu Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama Dr. K.H IDHAM CHALID TUANKU IMAM BONDJOL
Gambar Belakang Tari Gambyong, Pemandangan Alam Gunung Bromo, dan Bunga Sedap Malam Pengrajin Tenun
Bahan Serat Kapas Serat Kapas
Ukuran 143 mm x 65 mm 143 mm x 65 mm
Warna Dominan Coklat Coklat

PECAHAN 2 RIBU RUPIAH

PECAHAN 2 RIBU RUPIAH

Perbedaan 2 Ribu Lama VS 2 Ribu Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama MOHAMMAD HOESNI THAMRIN PANGERAN ANTASARI
Gambar Belakang Tari Piring, Pemandangan Alam Ngarai Sianok, dan Bunga Jeumpa Tarian Adat Dayak
Bahan Serat Kapas Serat Kapas
Ukuran 141 mm x 65 mm 141 mm x 65 mm
Warna Dominan Abu-Abu Abu-Abu

PECAHAN 1 RIBU RUPIAH

PECAHAN 1 RIBU RUPIAH

Perbedaan 1 Ribu Lama VS 1 Ribu Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama TJUT MEUTIA KAPITAN PATTIMURA
Gambar Belakang Tari Tifa, Pamandangan Alam Banda Neira, dan Bunga Anggrek Larat Pulau Maitara dan Tidore
Bahan Serat Kapas Serat Kapas
Ukuran 141 mm x 65 mm 141 mm x 65 mm
Warna Dominan Hijau Hijau

PECAHAN LOGAM 1 RIBU RUPIAH

PECAHAN LOGAM 1 RIBU RUPIAH
Perbedaan 1 Ribu Logam Lama VS 1 Ribu Logam Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama MR. I Gusti Ketut Pudja Tanpa Pahlawan
Gambar Belakang Angka 1000 Angklung dan Gedung Sate,Bandung
Bahan Nickel Plated Steel Nickel Plated Steel
Ukuran 24.10 mm Tebal: 0.10 mm 24.15 mm Tebal: 1.60 mm
Warna Dominan Putih Keperakan Keperakan

PECAHAN LOGAM 500 RUPIAH

PECAHAN LOGAM 500 RUPIAH

Perbedaan 500 Logam Lama VS 500 Logam Logam Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama LETJEN TNI T.B SIMATUPANG LAMBANG NEGARA GARUDA PANCASILA
Gambar Belakang Angka 500 Bunga Melati
Bahan Aluminium Aluminium
Ukuran 27.20 mm Tebal: 0.05 mm 27.00 mm Tebal: 2.50 mm
Warna Dominan Putih Aluminium Putih Aluminium

PECAHAN LOGAM 200 RUPIAH

PECAHAN LOGAM 200 RUPIAH

Perbedaan 200 Logam Logam Lama VS 200 Logam Logam Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama DR.TJIPTOMANGUNKUSUMO LAMBANG NEGARA GARUDA PANCASILA
Gambar Belakang Angka 200 Burung Jalak Bali
Bahan Aluminium Aluminium
Ukuran 25.00 mm Tebal: 0.05 mm 25.00 mm Tebal: 2.30 mm
Warna Dominan Putih Aluminium Putih Aluminium

PECAHAN LOGAM 100 RUPIAH

PECAHAN LOGAM 100 RUPIAH

Perbedaan 100 Logam Logam Lama VS 100 Logam Logam Baru
Keterangan Baru Lama
Gambar Utama PROF.DR.IR.HERMAN JOHANNES LAMBANG NEGARA GARUDA PANCASILA
Gambar Belakang Angka 100 Burung Kakatua Raja
Bahan Aluminium Aluminium
Ukuran 23.00 mm Tebal: 0.05 mm 23.00 mm Tebal: 2.00 mm
Warna Dominan Putih Aluminium Putih Aluminium


Kesimpulan Uang Baru Vs Uang Lama
Perbedaan Lama Baru
Pahlawan Yang Ada Uang Pecahan:

Rp100.000 : Sukarno-Hatta

Rp50.000 : I Gusti Ngurah Rai

Rp20.000 : Otto Iskandar Dinata

Rp10.000 : Sultan Mahmud Badaruddin II

Rp5.000 : Tuanku Imam Bonjol

Rp2.000 : Pangeran Antasari

Rp1.000 : Pattimura
Uang Pecahan:

Rp100.000 : Sukarno-Hatta

Rp50.000 : Djuanda Kartawidjaja

Rp20.000 : Sam Ratulangi

Rp10.000 : Frans Kaisepo

Rp5.000 : Idham Chalid

Rp2.000 : Mohammad Hoesni Thamrin

Rp1.000 : Tjut Meutia
Tanda Tangan Ditandatangani Gubernur BI dan Menteri Keuangan RI Ditandatangani Gubernur BI dan Deputi Gubernur Senior
Frasa Teks Bank Indonesia Negara Kesatuan Republik Indonesia
Ukuran Gambar Pahlawan Lebih Besar Uang Baru Gambar Pahlawan Lebih Besar Uang Baru
Tanda Air (Watermark) Watermark pakai gambar pahlawan yang sama. Misalnya, pecahan Rp10.000 bergambar Sultan Mahmud Badaruddin II.
Watermark-nya juga Sultan Mahmud Badaruddin II.
Watermark pakai gambar pahlawan yang beda dengan pahlawan yang ditampilkan di uang. Misalnya, pecahan Rp10.000 bergambar Frans Kaisepo. Watermark-nya Sultan Mahmud Badaruddin II.
Keamanan Dilengkapi dengan colour shifting ink, rainbow effect, latent image, benang pengaman, rectoverso, dan pengaman ultraviolet. Sama seperti uang lama, Rupiah baru juga dilengkapi colour shifting ink, rainbow effect, latent image, benang pengaman, rectoverso, dan pengaman ultraviolet. Cuma ada peningkatan di bagia pengaman ultraviolet, rectoverso, kode tuna netra (blind code), dan efek rabaan (tactile effect).

Kesimpulan Tabel Di Atas via Cermati

2. Tinta Berubah Warna (Colour Shifting)
 Tinta Berubah Warna (Colour Shifting)
Jika Melihat Dari Sudut Pandang Yang Berbeda Maka Gambar Perisai Logo Bank Indonesia Akan Berubah Warna.
3.Fitur Pelangi (Rainbow Feature)
Fitur Pelangi (Rainbow Feature)
Kita bisa melihat gambar tersembunyi pada multi warna yang berupa yang jika dilihat dari sudut pandang tertentu.
4.Fitur Ultra Violet (UV)
Fitur Ultra Violet (UV)
Penguatan fitur ultra violet (UV) pada uang baru emisi 2016 lebih di tingkatkan sehingga unsur pengaman rupiah dapat dikenali dengan mudah, pada uang lama juga terdapat fitur ultra violet.
5.Gambar Tersembunyi (Latent Image)
Gambar Tersembunyi (Latent Image)
Kita bisa melihat objek tersembunyi pada sudut pandang tertentu pada sebuah pecahan seperti gambar di atas.
6.Gambar Saling Melengkapi (Rectoverso)
Gambar Saling Melengkapi (Rectoverso)Buat kalian yang gagal paham sama isu-isu yang beredar tentang gambar logo BI di bawah kalimat nilai rupiah ternyata itu adalah gambar Saling Isi atau Saling Melengkapi atau Rectoverso jika kalian terawang ke arah cahaya.
7.Blind Code (Tactile Effect)
 
Blind Code (Tactile Effect)
Semua orang ingin merasakan bagaimana nikmatnya mempunyai uang, tidak terkecuali untuk Tuna Netra atau Seorang manusia yang di cabut kenikmatannya untuk melihat dunia (buta), dengan adanya fitur blind mode atau kode tuna netra ini , mereka bisa merasakan garis kasar di sebelah kanan dan kiri uang seakan akan mereka mempunyai uang ketika meraba uang tersebut.

Setelah kita mengetahui tentang perbedaan uang baru dan uang lama, serta fitur-fitur yang keren pada uang baru , semoga rasa cinta kita kepada rupiah semakin lebih kuat, lalu setelah kita mengetahui tentang Rupiah Baru Emisi 2016, sekarang kita harus tau aturan penting agar kita bisa menjaga Rupiah menjadi alat tukar menukar yang berharga sebagaimana kita mencintai seseorang , kita juga pasti mempunyai aturan-aturan tersendiri, lalu apa saja aturan-aturan dalam penggunaan Rupiah ?

INGAT 5 JANGAN

1. Jangan Distaples
Kalau kamu mencintai aku (Uang Rupiah) tolong jangan membuat aku sakit dengan staples mu yang bisa merusak keadaan ku menjadi bolong, jadi solusinya adalah jika uang kalian numpuk dan takut menjadi berterbangan kalian bisa menggunakan alat bantu yang bisa menjaga keutuhan uang rupiah.
2. Jangan Diremas
Apakah sobat tidak puas dengan meremas pakaian yang baru saja sobat cuci tadi pagi sehingga kalian meremas Uang Rupiah yang katanya Kalian Cinta Rupiah ? Tolong jaga kesucianku ya.
3.Jangan Dibasahi
Buat para pencuci pakaian, periksa dulu ya pakaiannya sebelum dimasukin ke mesin cuci, siapa tau ada uang yang nyelip , dari pada uangnya basah mending uangnya dibuat jajan atau di simpen di tempat yang lebih aman hehehe.
4.Jangan Dilipat
Kalau mau belajar seni melipat Origami jangan gunakan Uang Rupiah kita ya, karena Uang Rupiah itu adalah alat tukar menukar buka alat untuk belajar seni melipat , apalagi sampe di lipat di buat pesawat-pesawatan, jangan ya.
5.Jangan Dicoret
Mau cari istri ? atau handphone kalian sepi ? solusinya adalah datengin calon istri kalain kerumahnya lalu lamar dia di depan bapaknya, bukan malah nulis nomor handphone kita di Uang Rupiah , kalian punya bakat menggambar ? tapi bukan objek Uang Rupiah juga dong sasarannya, mending Uang Rupiahnya di buat beli buku biar kita bisa gambar lebih luas lagi.
Hmmm... sebenernya admin pengen memaparkan beberapa hal lagi yang berkaitan tentang Uang Rupiah yang sama-sama kita cintai ini, tapi admin takut kalian bosen karena artikelnya terlalu panjang, oh iya kalau kalian  mempunyai uang rupiah yang ada lubangnya,sobek,sebagian hilang,ada selotipnya,ukuran uangnya berubah,ada noda atau coretan, kotor atau lusuh, uangnya di sambung selama itu uang asli dan memenuhi syarat penukaran uang maka lebih baik di tukar di kantor Bank Indonesia terdekat ya demi menjaga Uang Rupiah kita agar terlihat lebih keren.

semoga dengan 2000+ Kata Ku Agar Bisa Mencintai Rupiah ini bisa bermanfaat untuk kalian semua para pengujung setia Lalalinds, dan ingat Cinta Rupiah bukan berarti kita terus menurus mencari Uang Rupiah , tapi kita juga harus menjaga Uang Rupiah yang kita miliki sekarang agar tetap menjadi Uang Yang Layak, Sebanyak apapun Uang Rupiah yang saat ini kalian genggam, tidak akan berarti jika kalian tidak memperhatikan apa yang seharusnya menjadi Hak Rupiah itu sendiri, Cintai Indonesia Di Mulai Dari Kalian Mencintai Uang Rupiah.
#CintaRupiah

Sumber Gambar:
*Wikipedia
* bi.go.id




(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Seorang Pelajar "SMK Prima Unggul Ciledug" Yang Mempunyai Hobby Blogging, Karena Dengan Blog Hobi Itu Saya Bisa Berbagi Dan Mendapatkan Uang.

3 komentar

Nah, ini nih yang bikin semangat mencintai rupiah. Walaupun sekarang banyak yang menggunakan dollar, bahkan bitcoin. Padahal kita harus mencintai bangsa indonesia. Salah satunya mencintai mata uang rupiah itu sendiri.

Selain itu, daripada cinta kepada seseorang yang belum halal, mending cinta rupiah aja.. hehehehe..

Jujur saya bingung dan sangat hati-hati ama uang rupiah baru nih. Soalnya mirip uang mainan monopoli sih ya hehe. Tapi walau begity saya tetap mencintai rupiah ��

Aku belum pernah punya yang uang 100 ma 200 baru :D

Bantu Saya Memberikan Kritik dan Komentar Yang Sifatnya Membangun, Berikan Komentarmu Dengan Cerdas dan Relevan (Sesuai Isi Konten)
EmoticonEmoticon